bing Urutan Nama Versi Android dari awal hingga sekarang - Tengclekit

Urutan Nama Versi Android dari awal hingga sekarang

Tengclekit.com - Android merupakan sistem operasi yang disematkan dalam suatu ponsel, tanpa sistem operasi smartphone anda tidak akan bisa digunakan. Nah sistem operasi android sendiri memiliki banyak versi, mulai versi pertama dikeluarkan, hingga versi paling terbaru saat ini tahun 2019.

Android memiliki nama-nama versi yang unik, nama-nama ini berhubungan dengan jenis makanan, simak daftar nama versi android dibawah ini.


1.   Android 1.0

Memang pada versi android pertama ini belum berhubungan dengan nama-nama makanan, android pertama rilis pada bulan november 2007 dan masih versi perkenalan. Perangkat pertama yang menggunakannya adalah HTC Dream.

2. Android 1.1

Penambahan fitur dan perbaikan bug, dikenal juga dengan android petir four

3. Android 1.5 Cupcake

Dirilis pertama pada tanggal 30 bulan April tahun 2009 di namakan dengan Android Cupcake,  versi ini menggunakan Kernel Linux 2.6.27. nama cupcake diambil dari sebuah makanan berwujud kue manis dengan cream yang lezat.


4. Android 1.6 Donut


Pada tanggal 15 September 2009, Android kembali meluncurkan fitur barunya yang semakin berkembang, versi 1.6 diberi nama android donut. Penambahan fitur gestur yang sangatlah membantu pengguna saat itu. Versi ini menggunakan kernel Linux 2.6.29.

 5. Android 2.0 Eclair
26 Oktober 2009 android kembali merilis versi anyarnya, masih berhubungan dengan makanan pastinya yaitu Eclair.  Eclair menggunakan kernel yang masih sama yaitu Linux 2.6.29. Pengoptimalan yang lebih mumpuni dan kecepatan perangkat dan penambahan fitur lainnya seperti led flash camera dan masih banyak lagi. 

6. Android 2.2 Froyo


Resmi pada tanggal 20 mei 2010 android kembali merilis versi 2.2 yaitu froyo, kepanjangan dari froyo adalah Frozen Yogurt, dengan disematkan kernel Linux 2.6.32. Dukungan adobe flash dan penambahan kecepatan aplikasi yang dijalankan merupakan fitur yang sangat diunggulkan.

7. Android 2.3 Gingerbread


Pada tanggal 6 Desember 2010 android merilis penerus froyo yaitu Gingerbread. Pembaharauan desain antarmuka pengguna dengan meningkatkan kecepatan dan kesederhanaan menjadi salah satu peningkatan update dari versi sebelumnya, dukungan resolusi yang ekstra besar juga tersedia di versi gingerbread ini.

8.  Android 3.0 HoneyComb

Tanggal 22 februari 2011 android kembali membuat versi anyarnya yaitu Android versi 3.0 Honeycomb, pembaharuan pertama hanya untuk komputer tablet. Seperti motorola xoom. 

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich


Setelah honeycomb nama sebuah makanan kembali diterapkan untuk versi ke 4 yaitu Ice Cream Sandwich yang dirilis 19 Oktober 2011. Banyak sekali perubahan yang signifikan dari versi sebelumnya. Ice cream sandwich memiliki banyak fitur diantaranya mode buka kunci identifikasi wajah, fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka perangkat menggunakan perangkat lunak pengenal wajah, masih banyak lagi fitur yang menarik dari versi kali ini.

10. Android versi 4.1 Jelly Bean

Versi jelly bean rilis pada 27 Juni 2012, peningkatan kinerja antar muka, peningkatan frame rate hingga 60 fps. Antar muka menjadi lebih halus dan smooth.

11. Android Versi 4.4 Kit-Kat

Setelah jelly bean pada 3 Oktober 2013 versi 4.4 Kit Kat resmi rilis. Nama kit kat sebelumnya sudah mendapatkan izin dari nestle dan hershey yang merupakan perusahaan atau pabrik pembuat coklat kit kat yang namanya kemudian digunakan untuk versi android 4.4 ini.

12. Android Versi 5.0 Lollipop


Nama lollipop diambil diambil dari sebuah nama permen berwarna loreng, yang rilis resmi pada 25 juni 2014, android yang diperkenalkan dengan kode "android L" dirancang khusus untuk menunjang teknologi baru. Desain antar muka diberi nama material design.

13. Android Versi 6.0 Marsmallow


Dukungan fitur sidik jari menjadi teknologi yang mutakhir dan disematkan dalam versi android ke 6 ini. Marsmallow sendiri diambil dari nama sebuah makanan yang bertekstur kenyal seperi busa yang lembut. Marsmallow merupakan hasil dari campuran gula atau sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab, dan bahan perasa yang dikocok hingga mengembang.

14. Android Versi 7.0 Nougat 



Setelah sukses dengan marsmallow pada 22 Agustus 2016 dengan logo seperti gambar pabrik nexus ini resmi merilis versi ke 7.0 yaitu Nougat. Dukungan fitur multi windows dan Always On Display menjadi fitur unggulan dari versi Nougat ini.

15. Android Versi 8.0 Oreo


Selanjutnya yang terbaru kali ini android kembali akan merilis versi ke 8.0 yaitu Oreo. Android versi oreo resmi diumumkan pada senin 21 Agustus 2017. Android O membawa beberapa fitur unggulan yang lebih menarik dibanding sebelumnya. Selain itu, terdapat juga peningkatan keamanan yang diberi nama Google Play Protect.

Nah itulah nama-nama versi android mulai dari awal hingga yang terbaru. Mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan maupun tanggal rilis dan logo yang kami cantumkan.


Terima Kasih
Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Urutan Nama Versi Android dari awal hingga sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel