bing Pertalite vs Premium, Mana yang lebih baik ? ini penjelasanya - Tengclekit

Pertalite vs Premium, Mana yang lebih baik ? ini penjelasanya

Tengclekit.com – Kali ini kami akan mengulas tentang apa kelebihan BBM jenis Pertalite. Sebelum membahas keunggulan kita ketahui dulu, sebenarnya apa sih pertalite itu ?

Pertalite adalah BBM terbaru yang dikeluarkan Pertamina memiliki RON 90. Pertalite ini dibuat dengan penambahan zat aditif saat proses pengolahan di dalam kilang minyak. Nah BBM jenis Pertalite ini dirilis tanggal 24 Juli 2015 sebagai variasi baru untuk konsumen yang ingin memakai bahan bakar dengan kualitas di atas Premium, namun mempunyai harga yang tentunya lebih murah dari Pertamax, atau dengan kata lain bahan bakar jenis ini diciptakan untuk menjadi penengah yaitu antara bahan bakar jenis Premium dan bahan bakar diatasnya yaitu Pertamax.

Kualitas pertalite memang diunggulkan dari Premium, namun banyak juga yang bilang bahwa premium lebih bagus daripada pertalite. bahkan tidak sedikit juga banyak orang berpendapat bahwa akan lebih baik jika pertalite di campur premium, atau pertalite di campur pertamax. Banyak juga orang ngomong bahwa pertalite itu jelek bikin mesin cepat panas, bisa merusak mesin. Kemudian mengenai penggunaan pertalite vs premium irit mana ?. Hal ini malah akan semakin membuat anda kebingungan untuk memilih bahan bakar apa yang cocok untuk motor atau mobil. Untuk itu mari simak ulasan kami berikut ini.

pertalite cocok untuk motor apa pertalite dex, pertalite dicampur premium, pertalite itu ron berapa pertalite jelek, pertalite merusak mesin pertalite, oktan pertalite ron berapa, pertalite vs premium untuk motor

Apa sebenarnya kelebihan dari bahan bakar Pertalite dibanding Premium??


Berikut Tabel spesifikasi yang resmi diputuskan oleh Dirjen Migas


NO Spesifikasi Kandungan
1 Bilangan oktana (RON) 90
2 Kandungan sulfur 0,05%m/m atau setara 500 ppm
3 Stabilitas Oksidasi: 360 menit
4 Timbal Tidak ada kandungan timbal
5 Logam Tidak ada kandungan logam
6 Kandungan oksigen 2,7 % m/m
7 Jenis Warna hijau
8 Kandungan pewarna 0,13 g/100 liter
9 Berat jenis minimal 715 kg/m3 maksimal 770 kg/m3

Nah dari spesifikasi pada tabel diatas kita ulas satu persatu keunggulan BBM jenis Pertalite ini:
  • Kadar oktan pertalite jelas lebih tinggi dari jenis premium. Sebenarnya apa sih keggunaan oktan disini, untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna maka kadar oktan harus semakin tinggi.
  • Pertalite lebih bersih daripada premium, hal ini tentunya akan membuat mesin tidak cepat panas.
  • Berapa kandungan Ron pertalite ? dapat dilihat ditabel bahwa kandungan RON pertalite adalah 90. Kandungan Ron lebih diunggulkan sehingga ramah lingkungan dibandingkan premium.
  • Pertalite ini tanpa timbal, alias pertalite bebas timbal dan lebih ringan, lebih baik daripada Premium, Disini biasanya orang-orang banyak tidak tahu bahwa penggunaan premium akan lebih banyak timbal yang mengendap di dasar tengki kendaraan. Tentunya juga motor atau mobil yang usianya sudah lama dan sering menggunakan premium.

Dengan teknologi yang semakin berkembang, semakin baru, kendaraanpun didesain menjadi lebih baik performance nya, Nah untuk itu peran penting dari kualitas bahan bakar pun juga harus ditunjang ke kualitas yang lebih tinggi sepsifikasinya, tidak lain adalah untuk menghasilkan performa kendaraan yang lebih baik.

Kendaraan keluaran terbaru  memiliki putaran mesin yang tinggi agar emisi dari gas lebih ramah lingkungan. Nah semakin tinggi putaran atau kompresi mesin, maka kualitas dari bahan bakar juga harus ditingkatkan.

Disini Pertalite memiliki kadar RON 90,hal ini sangat cocok untuk kendaraan yang mempunyai kompresi 8-10:1*. (Apabila anda bingung mengetahui jumlah kompresi kendaraan bisa buku manual. pasti ada)

 Apabila kompresi mesin kendaraan anda termasuk berspesifikasi tinggi kami sarankan gunakan bahan bakar yang mempunyai nilai RON yang lebih tinggi, bisa memakai Pertamax 92 atau Pertamax Plus. Nah sehingga kami dapat menyimpulkan dengan melihat data berarti pertalite lebih bagus dari premium.

Nah itulah sedikit ulasan tentang pertalite, kini pilihan kembali kepada anda sendiri.

pertalite atau pertamax? pertalite atau premium ?

Semoga bermanfaat,

Belum ada Komentar untuk "Pertalite vs Premium, Mana yang lebih baik ? ini penjelasanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel