bing Apa itu ROOT ? Apa saja Kerugian dan Kelebihannya? - Tengclekit

Apa itu ROOT ? Apa saja Kerugian dan Kelebihannya?

Apakah kalian tahu apa itu root? apabila kalian gemar oprek android, pastilah sudah paham apa definisi root itu. Root adalah proses modifikasi sistem operasi Android sehingga pengguna bisa mempunyai hak penuh dan diijinkan untuk melakukan modifikasi perubahan pada sistem android. Intinya dengan root kalian bisa merubah sistem semaksimal mungkin. Misalnya, Anda ingin mengganti sebuah icon baterai atau mengganti status bar menjadi lebih keren, hal ini tentunya hanya akan bisa apabila status ponsel android kamu dalam keadaan sudah root.



Kenapa Android indentik dengan superuser?
Superuser adalah administrator dari semua akses root. Jika ponselmu sudah berstatus root maka disitu pasti ada aplikasi superuser. Nah untuk memasang superuser ini tidak semudah menginstal aplikasi biasa. Setiap android juga berbeda cara root nya.

Contoh Android Sudah terinstal SuperSU

Keuntungan ROOT?
  1. User dengan hak akses 'root' dapat secara bebas tak terbatas melakukan pengubahan apapun layaknya sang developer.
  2. Dapat menghapus aplikasi bawaan pabrik yang kurang berguna.
  3. Proses pengendalian aplikasi lengkap mulai dari backup aplikasi dan restore aplikasi sehingga tidak perlu unduh lagi,.
  4. Bisa memasang custom ROM, misalnya Android tipe samsung seri j5 ingin berpenampilan layaknya samsung Note 7. Dengan tampilan jadi mirip/sama persis dengan fitur menjadi seperti note 7. Misalnya Samsung J5 bisa mendapatkan fungsi AOD (Always On Display) seperti ponsel Samsung note 7
  5. Kinerja ponsel menjadi lebih maksimal. dikarenakan adanya Overclock prosesor menjadi semaksimal mungkin tentunya dengan Kernel yang mendukung untuk fitur overclock. Tentunnya ponsel android kalian akan ngebut

Kelemahan Rooting Android

  1. Menghilangkan garansi produk perangkat Android.
  2. Penyalahgunaan root dapat menyebabkan malfungsi pada Android.
  3. Tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja sistem Android. bahkan bisa terjadi kerusakan ponsel.

 Sebuah Vendor tidak bertanggung jawab lagi apabila terjadi kerusakan akibat dari Root tersebut, misal overhead karena overclock yang berlebihan. untuk itu pertimbangkan niat anda untuk oprek penuh android. Tetapi semua itu menurut saya tidak jadi masalah. bahkan saya rela garansi android saya harus hangus dan tidak berlaku gara-gara proses rooting. tetapi saya puas dan senang bisa belajar tentang android.

 Salam,
Admin


Belum ada Komentar untuk "Apa itu ROOT ? Apa saja Kerugian dan Kelebihannya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel