bing Mengenal Istilah-istilah dalam Teknologi - Tengclekit

Mengenal Istilah-istilah dalam Teknologi


Era sekarang ini pengetahuan tentang istilah teknologi informasi dan komunikasi itu sangat penting. Banyak gadget seperti smartphone sampai komputer selalu mengeluarkan inovasi baru. Mau tidak mau, kita wajib mengikutinya apabila ndak mau dibilang gaptek atau gagap teknologi.

Pernah tidak anda mendengar obrolan teman anda mengenai teknologi dengan istilah-istilah atau singkatan-singkatan yang tidak anda ketahui dan membuat anda bingung? Tenang saja kali ini kami beberkan semua singkatan, kepanjangan dan penjelasan singkat.

Nah berikut 21 istilah dalam teknologi yang wajib anda ketahui.

Singkatan dan Kepanjangannya istilah dalam teknologi

1. VR dan AR

Suatu istilah yang viral belakangan ini, VR yaitu suatu teknologi yang diciptakan yang bertujuan membuat penggunanya atau user bisa berinteraksi langsung dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya karena disimulasikan oleh komputer, sehingga anda serasa berada di dalam tempat tersebut. Misalnya dalam VR terdapat sebuah tempat berada didasar laut, nah anda akan serasa berada didasar laut tersebut seperti kenyataan. Gimana keren kan.

Nah , kalau AR kepanjangannya Augmented Reality yaitu sebuah teknologi yang gabungan benda maya 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam suatu lingkungan nyata 3 dimensi kemudian memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata.

2. HD, FHD, QHD, UHD



Membahas soal resolusi dalam layar smartphone di zaman sekarang ini, pastinya anda pernah dengar istilah yang tidak asing tersebut.

HD adalah singkatan dari High Definition biasanya berukuran 720p dan resolusi 1280x720 piksel.
FHD atau Full HD adalah Full High Definition dengan ukuran 1080p dan resolusi 1920x1080 piksel.
QHD atau Quad HD adalah Quad High Definition adengan ukuran 2K dan  resolusi 2560x1440 piksel.
UHD atau 4K adalah Ultra High Definition dengan ukuraan 4K dan resolusi 3840x2160 piksel, ini adalah ukuran layar tertinggi di smartphone.

3. OIS, PDAF



Kalau anda suka bermain kamera ditigal atau smartphone, anda pastinya sering sekali mendengar suatu istilah di tersebut. kepanjangan dari OIS adalah Optical Image Stabilization. 

Adalah fitur kamera yang sematkan untuk mengurangi goyangan saat pengambilan gambar.
Kalau PDAF yaitu Phase Detection Auto-Focus adalah sebuah teknologi kamera yang diciptakan yang memiliki kemampuan menangkap fokus dengan sangat cepat.

4. Captcha

Apa itu captcha ?

Captcha adalah kepanjangan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Proses ini biasanya anda akan diminta  untuk menyelesaikan suatu uji sederhana,misalnya memilih gambar, memasukkan kode huruf dan angka yang bertujuan untuk memastikan bahwa anda adalah manusia bukan bot.

5. E-Commerce



E-Commerce  kepanjangan dari Electronic Commerce,yaitu  proses aktivitas kegiatan ekonomi yang ada di internet. Misalnya pembelian, penjualan serta transakski barang ataupun jasa lewat online.


6. FAQ



FAQ kepanjangan dari kata Frequently Asked Question yaitu  kumpulan dari pertanyaan yang dijadikan satu dan paling sering diajukan (biasanya disertai jawabannya).

7. 4G LTE



Kepanjangan dari 4G yaitu fourth-generation technology, jaringan internet generasi keempat yang mampu menawarkan akses data dengan kecepatan tinggi. Terdapat dua standar untuk jaringan 4G yang dijual di dunia yaitu jaringan standar WiMAX dan jaringan standar Long Term Evolution atau LTE.


8. VPN



VPN kepanjangannya yaitu Virtual Private Network, adalah sebuah bentuk akses untuk internet pribadi dimana koneksi anda dimanipulasi sehingga kamu akan mengirim data atau menerima data seakan-akan anda  ada di tempat lain. Dan andapun dapat melakukan aktivitas di internet secara aman bahkan tidak terlacak. Biasanya VPN digunakan untuk internet gratis.

9. HTML


HTML kepanjangannya yaitu Hypertext Markup Language  salah satu varian SGML yang digunakan di dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.

10. HTTP



Nah kalau HTTP adalah Hyper Text Transfer Protocol, ialah protokol yang dirancang untuk mentransfer dokumen dalam bentuk HTML yang digunakan dalam WWW.

11. WWW




Sedangkan WWW kepanjangannya adalah World Wide Web adalah ruang informasi digunakan oleh pengenal global atau biasa disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk identifikasi sumber daya yang berguna.

12. DNS



DNS yang memiliki kepanjangan Domain Name Service adalah suatu layanan dalam dunia internet untuk jaringan yang memakai  IP. Layanan seperti ini bisa digunakan untuk identifikasi sebuah komputer dengan nama, bukan dengan menggunakan alamat IP. Bayangkan jika anda harus menghafalkan IP segitu banyak untuk membuka website. Cukup hanya dengan www.tengclekit.com web sudah bisa dibuka.

13. IP



Nah yang barusan kita bicarakan, IP atau Internet Protocol adalah deretan angka-angka unik antara 32-bit sampai 128-bit yang dapat dipakai untuk alamat identifikasi untuk tiap komputer di dalam jaringan internet.

14. MAC Address



MAC Address kepanjangannya yaitu Media Acces Control Address yaitu ID dari suatu device yang terhubung dengan jaringan. Misalnya seperti Ethernet controller atau wireless internet.

15. ISP



ISP kependekan dari Internet Service Provider, yakni nama atau sebutan kepada penyedia layanan internet.

16. URL



URL singkatan dari Unifrom Resource Locator adalah serangkaian karakter menurut format dengan standar tertentu, fungsinya untuk menunjuk alamat dari suatu sumber seperti dokumen, file atau gambar yang ada di internet.


17. HDMI



HDMI kepanjangannya adalah High Definition Multimedia Interface yaitu salah satu antarmuka  dari peralatan audio/video digital.

18. USB-C


USB type C yaitu standart teranyar dalam dunia USB, baik pada komputer atau ponsel. Keunggulannya USB type C ini bisa digunakan bolak balik dan dengan kecepatan mencapai 10 Gbps perdetik dan kompatibel atau cocok dengan USB 3.0.

19. WiFi

Anda sering memakai WiFi, gratisan lagi. Tapi apakah anda sudah tahu kepanjangannya? WiFi kepanjangan dari Wireless Fidelity. Adalah teknologi wireless atau nirkabel yang mempunyai kemampuan penyedia akses internet dan biasanya dengan bandwidth besar.

20. Internet


Hari gini belum kenal internet? pastinya anda sudah kenal bukan? memakai setiap hari bukan? tapi apakah anda tahu kepanjangannya?. Ternyata internet juga singkatan lho guys, Nah kepanjangan dari internet itu adalah interconnection-networking yang artinya jaringan dalam komputer yang saling terhubung.

Nah itulah beberapa istilah yang biasa anda dengar dalam dunia teknologi,

semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah-istilah dalam Teknologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel