bing Unsur Administrasi 2019 - Tengclekit

Unsur Administrasi 2019

Unsur Administrasi, unsur unsur administrasi menurut para ahli, fungsi dan tujuan administrasi,

Tengclekit.com - Administrasi dalam arti sempit dapat dikatakan kegiatan Tata Usaha yang mempunyai arti suatu pekerjaan yang memiliki sifat dapat mengatur sesuatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan tulis-menulis, surat dan pencatatan atau pembukuan di setiap kejadian yang bisa terjadi di suatu organisasi” (The Liang Gie,1972).

Nah sedang dalam arti yang luas Administrasi tersebut dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilaksanakan beberapa orang-orang yang didasarkan atas pembagian pekerjaan dan sebagaimana sudah ditentukan didalam suatu struktur dengan didukung oleh sumber daya  guna mencapai tujuan  efektif dan juga efisien.

Unsur unsur administrasi menurut liang gie


The Liang Gie mengungkapkan, bahwa administrasi adalah rangkaian kegiatan penataan dan dalam pelaksanaan mempunyai 8 unsur, yaitu:

1. Organisasi 
Organisasi adalah sekelompok orang, tugas-tugas, kewewenangan, juga tanggung jawab dan juga hubungan antara para pekerja dan unit tugasnya.

2. Manajemen
Manajemen adalah serangkaian kegiatan dengan menggerak kan banyak orang & mengerahkan fasilitas kerja yang ada, dengan tujuan agar kerjasama benar-benar tercapai.

3. Komunikasi 
Komunikasi dapat diartikan serangkaian kegiatan untuk menyampaikan berita atau pendapat dari satu pihak kepada pihak yang lain didalam suatu usaha kerjasama dalam suatu oraganisasi tertentu.

4. Kepegawaian
Kepegawaian adalah serangkaian kegiatan mengatur juga mengurus pekerja yang dibutuhkan dalam usaha kerjasama dalam suatu organisasi;

5. Keuangan 
Adapun tugas keuangan yaitu serangkaian kegiatan mengelola pembelanjaan dalam suatu organisasi.

6. Perbekalan
Adalah serangkaian kegiatan pengadaan, mengatur dan menggunakan, mendaftarkan, pemeliharaan, sampai kepada membuang benda-benda perlengkapan didalam usaha kerjasama;

7. Tata usaha atau TU 
Tata usaha adalah serangkaian kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah data, menggandakan, mengirim, dan menyimpan keterangan yang dibutuhkan dalam suatu usaha kerjasama;

8. Hubungan dengan masyarakat (HUMAS)
Hubungan masyarakat adalah serangkaian aktifitas utnuk menciptakan hubungan yang baik juga dukungan masyarakat sekelilingnya terhadap usaha kerja sama.

Itulah tadi beberapa contoh unsur-unsur administrasi perkantoran menurut para ahli.

semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Unsur Administrasi 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel