bing 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak - Tengclekit

5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak


Tengclekit.com- Perkembangan zaman dan teknologi baru-baru ini kian pesat dan terus melambung tinggi, siapa hari gini yang tidak kenal dengan gadget. Semua orang kini rata-rata sudah mempunyai gadget. Salah satu diantaranya adalah anak-anak. Namun apa yang akan terjadi apabila anak-anak di usia balita sampai anak-anak remaja sudah mulai kecanduan gadget ? dan sudah mengenal dunia internet ?

Usia dini adalah usia emas, usia yang seharusnya anak diajarkan untuk hal-hal yang positif dan bisa menjadi hal yang tentunya bisa tersimpan di memori otak yang akan terus berkembang. Seharusnya anak diajarkan bagaimana bersosialisasi yang baik dan dapat mengenal dunia luar rumah. Tentunya orang tua bisa tahu apa bahaya dan pengaruh gadget bagi anak dan apa yang harus dilakukan apabila ada kecanduan gadget pada anak apalagi anak tersebut masih dibawah umur atau masih anak sekolah. Tentunya orang tua tidak ingin anaknya terjadi hal-hal yang negatif yang tidak diinginkan.

Nah disini peran orang tua dan kerabat dekat sangat penting untuk mencegah hal ini. Berikut kami sampaikan cara mudah mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan gadget ?

1. Batasi Penggunaan Gadget


Cara yang pertama yaitu pembatasan penggunaan gadget. Banyak pakar yang sudah membicarakan masalah ini, alhasil disimpulkan hal berikut: Untuk anak usia 2 tahun apabila sudah terlanjur dikenalkan gadget batasi penggunaannya maksimal 1 jam perhari. Sementara itu bagi mereka yang sudah berumur 5 tahun ke atas batasi maksimal 2 jam perhari. Terapkan secara konsisten dan tegas.

 

2. Berikan Waktu Tertentu


Cara yang kedua tentunya lebih mudah, kalian bisa memberikan waktun tertentu kepada anak-anak untuk bermain gadget. Maksudnya begini, anak-anak hanya diperbolehkan bermain gadget saat hari libur saja, misalnya hari minggu. Atau kalian bisa dengan trik memberikan hadiah atau reward. Maksudnya begini, misalnya apabila dia mendapat nilai diatas 8 atau 9 maka dia boleh bermain 1 jam di hari libur.

 

3. Batasi Akses Internet


Akses internet adalah salah satu pemicu juga mengapa anak-anak kecanduan gadget. Awalnya mungkin hanya bermain game saja, namun apabila sudah kenal akses internet. Mereka bisa mengakses apa saja yang mereka mau. Maka jangan sampai kalian terlena masalah ini. Segera batasi penggunaan internet pada gadget yang digunakan anak-anak. Bukan malah memfasilitasi dengan terus membelikan paketan internet. Internet boleh dikenalkan namun dalam tahap pengawasan orang tua.

 

4. Aktifitas bersama di luar ruangan


Orang tua tidak menginginkan anaknya bermain gadget terus menerus, lah wong orang tuanya aja tak mau kalah juga dengan anaknya, asik dengan gadgetnya masing-masing. 

Orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak untuk terhindar dari kecanduan gadget. Buatlah suasana yang menyenangkan dirumah anda tanpa gadget. Bermainlah sesekali diluar ruangan, ajaklah anak-anak ke taman, variasikan dengan kegiatan-kegiatan lain agar anak tidak cepat bosan dan kembali lagi ke gadgetnya.

 

5. Atur Pasword atau Child Mode


Kalian para orang tua jangan khawatir apabila anak anak bermain gadget sendiri, sedangkan anda sedang melakukan aktifitas lain seperti memasak atau mengerjakan pekerjaan kantor. Anda bisa membatasi konten mana saja yang bisa diakses oleh anak. Misalnya kalian bisa membatasi anak-anak untuk tidak bisa membuka aplikasi browser atau aplikasi youtube yang mana bisa memicu ke arah negatif.

Nah sekiranya cukup itu dulu sedikit tips bagaimana atasi kecanduan gadget pada anak-anak. Intinya jangan biarkan anak-anak anda larut dalam dunia gadget, biar bagaiamanpun anak anda membutuhkan masa depan yang cerah, membutuhkan jiwa sosial yang harus selalu ditanamkan sejak usia dini. 


Terima Kasih,
Semoga Bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel