bing Tips Sebelum Membeli HP Android - Tengclekit

Tips Sebelum Membeli HP Android

Tengclekit.com - Berbicara soal smartphone dengan sistem operasi android memang dari tahun 2017 sudah merajai pasaran yang sangat luar biasa, bahkan boleh dibilang sebagian besar masyarakat indonesia menginginkan smartphone android.  Sistem operasi ini juga lebih familiar dan dikenal oleh masyarakat kebawah menengah ataupun kalangan atas.

Dilihat dari sisi tampilan memang ponsel yang satu ini cukup menakjubkan juga banyak sekali fiturnya dan kita bisa mendownload aplikasi dengan mudah di internet, antara lain kita bisa mengunduh aplikasi android di play store google. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki android yang akan memudahkan serta memanjakan penggunaya, hal itu yang membuat produsen hp android berlomba-lomba untuk membuat ponsel android yang lebih dari sekedar ponsel lainya baik dari kualitas dan harga yang bersaing terbilang murah.

Pada kesempatan ini tengclekit tim akan membagikan sedikit tips bagaimana memilih ponsel android sebelum anda membelinya.

  1.Procesor

 Sebelum anda membeli android alangkah sebaiknya anda tahu jenis dan kemampuan procesor yang  tertanam didalam ponsel tersebut, pilihan jenis-jenis prosesor mobile yang banyak digunakan dan tentunya dengan kelebihannya masing-masing. Harga dari gadget Android tentunya bervariasi, tergantung dari bahan yang digunakan, baik itu bodi ataupun prosesornya itu sendiri. Agar Anda tidak tertipu oleh harga dengan kualitas dari prosesor Android.
 
Untuk jenis dari Processor itu bermacam-macam dengan perbedaan dari bentuk, ukuran, kapasitas dan kecepatan sebuah proccessor. Namun saya sarankan untuk pemilihan CPU kita gunakan CPU Dual-Core yang memang kualitasnya sangat bagus.


2.RAM (Random Access Memory)

Berbicara soal RAM memang banyak opini sebelum membeli ponsel android sebaiknya mempertimbangkan aspek RAM berapa besar atau kapasitas dari RAM yang tertanam. Intinya semakin besar kapasitas suatu  RAM maka semakin baik pula performa smartphone pada saat mengoperasikan beberapa aplikasi dan data pada smartphone, alias pada saat kita menjalankan suatu aplikasi ponsel kita akan lancar dan tidak mengalami gangguan atau tersendat/LAG. Untuk itu kami menyarankan apabila membeli ponsel android pilihlah yang memiliki RAM besar. Biasannya juga tergantung harga dan merk/brand dari suatu produk. Semakin besar kapasitas ram semakin mahal pula harga ponsel android tersebut.


3. Ukuran dan Resolusi Layar

Yang ketiga ialah tentang Layar, terlebih dahulu kita bahas tentang ukuran layar yang baik. Sebenarnya pemilihan layar yang akan kita pilih tergantung kebutuhan dari si pembeli smartphone, namun saya sarankan untuk pemilihan layar sebaiknya jangan terlalu lebar karena akan susah untuk dimasukan saku dan juga terlihat terlalu lebar juga jangan terlalu kecil karena jika terlalu kecil akan kesusahan pada saat membaca suatu teks.

Tentang resolusi layar pada umumnya produsen ponsel biasnya menyajikan ukuran dan resolusi layar yang tepat. Namun untuk spesifikasi tentang resolusi layar sebaiknya memiliki resolusi minimal 480X320 pixel dan memiliki teknologi layar IPS (in-Plane Switches) atau jika paling bagus ialah teknologi layar Super-LCD dan alangkah lebih bagus jika smartphone dilengkapi teknologi multitoch. Mengenai jenis layar sebaiknya agar lebih tahan dengan goresan terhadap layar maka anda dapat memilih jenis layar Gorilla Glass yang memiliki kualitas layar yang lumayan tangguh.

4. Sitem Operasi (OS)

Pemilihan sistem operasi bisa anda sesuaikan namun minimal untuk pemakaian bisa gunakan Android Ice Cream Sandwich yang memang masih umum tapi tergolong minimal. Untuk lebih bagusnya kita dapat memilih ponsel dengan sistem operasi Kit Kat yang memang sudah lumayan baik untuk saat ini, mungkin jika anda tidak puas dengan Kit Kat sobat dapat mengupgrade menjadi Marsmallow bahkan ke Nougat

5. Memory Internal

Suatu hal wajib jika memory internal perlu kita perhatikan, hal ini tentu bukan tanpa alasan sebab Memory Internal merupakan penyimpanan bagi Beberapa Aplikasi di Android. Permasalahan yang sering dialami pengguna android ialah ketika memory internal yang dipakai memiliki kapasitas yang kecil dan program yang diinstal di memory internal terlalu banyak maka kinerja dari android akan lama. Bahkan apabila selalu dipaksakan memory ponsel penuh akan mengakibatkan kerusakan memory telepon (EMMC).

6. Koneksi Internet

Kelebihan dari Android adalah salah satunya pada Koneksi jaringan internet, memang secara jaringan untuk koneksi internet pada android minimal memiliki jaringan 3G (HSDPA) dan untuk lebih bagusnya jika sebuah smartphone mendukung jaringan LTE sepeti support untuk jaringan 4G LTE. Selain dari jaringan tersebut dapat didapatkan dari simcard dan wajib bagi sebuah ponsel android untuk mendukung sistem wifi.

7.  Daya Baterai

Sebuah dilema bagi pengguna android pada umumnya, mereka mengeluhkan kenapa energi baterai android yang mereka miliki cepat habis. Maka sebelum penyesalan itu muncul dan mungkin ketika anda memakai ponsel sedang asik-asiknya tiba-tiba ada peringatan muncul bahwa baterai lemah, oleh karena itu kita harus teliti menentukan spesifikasi baterai android yang tergolong baik Adapun daya yang dapat ditampungoleh sebuah baterai smartphone minimal memiliki daya 2000mAh dan jika daya lebih baik maka akan lebih tahan lama juga, hal ini tentu saja di imbangi dengan pemakaian ponsel itu sendiri.

 8.  Resolusi Kamera

Selanjutnya kita wajib untuk memperhatikan bagian dari kamera, pemilihan kamera sebaiknya memiliki resolusi kamera yang jernih dan bagus agar gambar yang dihasilkan baik. Bagi ponsel yang harganya dibawah rata-rata namun masih dalam golongan android biasanya juga sudah memiliki resolusi kamera yang lumayan baik namun jika untuk lebih baiknya sobat dapat memilih resolusi kamera yang lebih seperti yang dimiliki smartphone Sams**, AS*S dan OP**

9. Harga

 Pada urutan ke sepuluh kita harus cermat dalam memilih smartphone dengan harga yang murah namun memiliki kualitas yang baik, namun agar lebih puas nantinya anda dapat memilih smartphone berdasarkan spesifikasi yang dimiliki. Sebagai contoh ponsel Samsung memiliki spesifikasi yang standar namun harganya masih sangat mahal. Brand yang satu ini memang mengandalkan kualitas dari segi hardware dan komponen yang tertanam didalamnya.
 

Dan yang perlu anda garis bawahi adalah memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan anda, Nah mungkin dari  kami cukup itu saja semoga bermanfaat kalian yang akan membeli ponsel android.   


Terima Kasih,

Salam

Belum ada Komentar untuk "Tips Sebelum Membeli HP Android "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel